Sabtu, 01 November 2008

Hasan Al-bana Rahimahullah dan Al-Mahdi


Dalam kitab hadits karangan beliau (Hasan Al-Bana Rahimallah) Hadits Ats-Tsulatsa'. Mengenai munculnya Imam Mahdi, beliau mengingkari munculnya Al-Mahdi. Berikut yang beliau sampaikan:

"Diantara sikap yang baik adalah kami tidak memandang dalam sunnah yang sahih ada hadits yang menetapkan dakwaan akan munculnya Al-Mahdi, dan hadits-haditsnya hanya berkisar antara lemah dan palsu."

Jawaban dari ucapan dan pemikiran beliau :
Hadits-hadits seputar Al-mahdi dan keluarnya Al-mahdi diakhir zaman mencapai 50 Hadits, diantara hadits tersebut ada yang sahih, hasan dan ada yang tingkatannya dibawah hasan (lemah).

Berkata imam As-Safarini dalam aqidahnya :
"Beriman akan munculnya Al-Mahdi adalah wajib sebagaimana hal itu sudah menjadi ketetapan dikalangan para Ulama dan dibukukan dalam kitab-kitab aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah."

Berkata Syaikh Albani dalam al-silsilah Ash-shahihah:
"Hadits-Hadits tentang kedatangan Al-Mahdi telah mencapai tingkat mutawatir dan berlimpah dengan banyaknya para perowi hadits seputar Al-Mahdi dari Al-Mustofa salallahu'alahi wasalam, Al-Mahdi dari Ahlul Bait beliau, dia akan muncul bersama Isa 'alaihi salam, lalu membantunya untuk membunuh Dajjal, dia akan mengimami umat Islam dan Isa kelak akan shalat di belakangnya."

2 komentar:

  1. jadi cuma ini ya tulisan tentang syaikh hasan al banna?

    kumaha atuh neng?

    BalasHapus
  2. salaamun alaik

    hmmmm!! dah pernah baca kitab aslinya ya? ato karangan hasan al-banna yang lain? sebaiknya dibaca dulu, sebagai bahan pertimbangan.

    akhuki fillah abu 'amr al-makassariiy

    BalasHapus